Halaman

Apakah ini bermanfaat untuk anda?

Sabtu, 03 Maret 2012

7 Tempat Wisata Paling Populer di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan berbagai kekayaan alam serta sumber daya pariwisata lainnya. Terasa menyenangkan jika kita pergi berkunjung ke tempat tersebut bersama keluarga atau sahabat dan teman. Berikut saya postingkan 7 tempat wisata paling populer di Indonesia.

1. Pantai Kuta (Bali)
    Tempat pariwisata ini terletak d sebelah selatan dari kota Denpasar, ibu kota Bali. Tidak jauh dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pantai ini menjadi idola para turis untuk berkunjung dan menyegarkan fikiran, baik turis mancanegara maupun domestik. Yang menjadi daya tarik dari Kuta adalah eksotisme Bali dengan ciri khas dan adat istiadatnya yang memukau para turis, sehingga menjadi salah satu "Traveling List" para turis mancanegara dan domestik.

   Pantai ini menawarkan segala hiburan dan suguhan pesona alam yang tak henti-hentinya membuat orang berdecak kagum dan saat yang paling di tunggu adalah saat matahari tenggelam, oleh karena itu Pantai Kuta juga d sebut sebagai "sunset beach". Pantai ini juga memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar (surfing), dan cukup nyaman bagi pemula.

   Kuta terletak memanjang d selatan pulau Bali, dan sepanjang itulah hamparan pasir putih yang bersih menjadi sasaran utama para turis untuk surfing, sunbathing, atau hanya sekedar duduk d atas pasirnya yang hangat. Di sini juga tersedia jasa pembuatan tato temporer dengan harga yang terjangkau.


2. Taman Laut Bunaken (Manado)

    Taman laut Bunaken terletak di kota Manado provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Taman laut Bunaken terdapat di Pulau Bunaken dengan luas 8,08 km persegi. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan menggunakan kapal cepat (speed boat) selama 30 menit dari pelabuhan Manado. Taman laut Bunaken adalah salah satu taman laut yang memiliki biodiversitas yang cukup tinggi. Itu berarti taman laut ini memiliki keanekaragaman hayati yang beragam. Taman laut ini memiliki luas sebesar 75.265 hektare dan memiliki beberapa titik penyelaman.


    Para turis dimanjakan oleh pemandangan bawah laut melalui 20 spot penyelaman. 12 diantaranya ada di sekitar pulau bunaken dan sisanya berada di beberapa pelau di sekitar Bunaken. Di sepanjang 12 titik penyelaman tersebut terdapat under great walls, yaitu jejeran karang yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas dan karang ini menjadi sumber makanan bagi ikan.




3. Danau Toba (Medan)
 
    Danau ini terletak kota Medan, Sumatra Utara, Indonesia. Danau ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi, dan di perkirakan terbentuk sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Danau Toba memilki panjang 100km dan lebar 30km, dan danau ini menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Objek wisata ini menjadi salah satu unggulan Indonesia dan Pomprov Sumut untuk memikat dan menggaet para wisatawan asing dan domestik.
   Di tengah danau ini terdapat pulau yang terbentuk dari tekanan ke atas magma yang mendingin, lalu terisi air sehingga menjadi danau seperti sekarang ini. Pulau samosir adalah salah satu dari sedikit keajaiban, karena menjadi pulau di dalam pulau.

   Saat ini banyak wisatawan yang mengagumi pesona Danau Toba, di tambah pengelolaan yang cukup baik dari pemerintah setempat untuk mengembangkan daya tarik wisatawan khususnya turis asing. Para penduduk sekitar pun memanfaatkan keadaan ini untuk menambah penghasilannya dengan menjual jasa penyewaan perahu untuk sekedar menikmati suasana danau.

4. Candi Borobudur (Magelang)
    Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah.Lokasi candi ini terletak sekitar 100km barat daya Semarang dan sekitar 40km barat laut Jogjakarta. Candi ini di bangun oleh penganut agama budha di jaman Syailendra sekitar abad ke-800. Penjelasan lain ialah bahwa nama ini berasal dari dua kata "bara" dan "beduhur". Dalam bahasa sansekerta "Bara" berarti kompleks candi dan "Beduhur" berarti tinggi, jadi dapat di simpulkan Borobudur adalah kompleks candi yang terletak d tanah tinggi.
   Candi ini mengalami beberapa kali pemugaran di abad ke-19 oleh pemerintah Hindia Belanda. Hingga akhirnya menjadi candi seperti sekarang ini.
    Pada beberapa saat yang lalu Candi Borobudur di hapus dari daftar 7 keajaiban dunia oleh UNESCO. Namun pesona Borobudur tak mungkin lepas begitu saja dari hati para wisatawan. Karena ada kepercayaan, jika kita dan pasangan kita dapat saling berjabat tangan di antara celah di candi maka mereka akan menjadi jodoh.


5. Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)
    Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara, dan secara administratif pulau ini termasuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di pulau ini terdapat Taman Nasioanal Komodo yang di bangun oleh pemerintah sebagai salah satu objek wisata.
    Pulau ini diusung menjadi salah satu keajaiban dunia. Karena pesona kekayaan alamnya. Dan komodo di sebut-sebut sebagai evolusi naga dan makhluk jaman prasejarah dinosaurus.
    Di pulau ini populasi Komodo berkembang saat baik, pada tahun 2009 sebanyak 1300 ekor komodo hidup di pulau ini. Lalu pada tahun 2010 berkembang menjadi 2500 ekor, belum lagi yang tersebar d sekitar pulau komodo seperti pulau Rinca dan Gili Motang.
    Pulau Komodo menjadi salah satu kebanggaan Indonesia, karena komodo yang hidup adalah binatang asli Indonesia dan hanya terdapat d Indonesia. Turis asing dan domestik selain dapat melihat peninggalan hewan prasejarah, juga dapat menikmati jasa melihat sunset di atas laut menggunakan kapal kecil atau sedang, tentu saja dengan mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Tetapi suasana yang ditwarkan tidaklah mengecewakan, karena dapat melihat sunset dan makan malam, di temani suasana laut yang tenang dengan suasana mencekam dari pulau komodo dan pulau lain di sekitarnya.





6. Wakatobi (Ambon)
    Wakatobi terletak di daerah Wangi-Wangi, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Wakatobi memiliki taman wisata wakatobi yang memiliki luas 1,4 juta ha.Taman tersebut memiliki 4 pulau besar diantaranya adalah, Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.
    Taman laut Wakatobi menyuguhkan pemandangan laut yang mengagumkan. hanya dengan berenag di laut yang dangkal pun kita sudah bisa mendapatkan pemandangan yang spektakuler dari biota lautnya. Atau hanya sekedar snorkling bagi yang tidak bisa berenang.
    Jika kita berkunjung ke Wakatobi, tak lengkap rasanya jika kita tidak berkunjung ke pantai Hondue di pulau Tomia. Pantai ini menjadi andalan para wisatawan baik asing mau pun lokal untuk mencari keindahan serta berrekreasi.
    Tidak hanya keindahan alamnya saja yang dapat kita nikmati, tetapi juga keunikan budayanya dapat membuat kita terpesona. Budaya masyarakat Wakatobi yang hidup di pesisir membuat sedikit pesona Wakatobi menjadi sangat menarik.


7. Gunung Bromo (Probolinggo)
    Gunung Bromo secara administrtif terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi ini terdapat dua pilihan yaitu jalur barat dan utara. Jalur Barat adalah jalur dengan medan yang berat, karena harus mealui jalan yang curam dan tidak dapat dilalui kendaraan kecuali jeep. Dan biasanya pengunjung memilih berjalan kaki. Yang kedua adalah melalui jalur utara, jalur ini adalah jalur yang paling mudah di lalui karena jalan yang tidak terlalu curam dan dapat di lalui segala kendaraan.
    Gunung Bromo menawarkan suguhan panorama yang tidak biasa. Pertama kali kita menginjakan kaki di atas kita sudah di suguuhi pemandangan hamparan pasir yang memiliki luas sekitar 5.250ha dengan tambahan kepulan asap yang keluar dari kawah yang menganga.
    Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dari puncak Bromo. Untuk menikmati pemandangan ini pengunjung harus melalui jalur barat yang sulit atau bermalam di sekitar lokasi dengan menyewa losmen atau rumah kecil. Agar tidak kedinginan pada saat bermalam di anjurkan pengunjung membawa pakaian yang ekstra tebal dan hangat karena suhu mencapai 2-20 derajat celsius.


    Itulah 7 tempat wisata yang cukup populer di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar