Tanggal 27 January 2010, adalah hari yang bersejarah buat Apple.
Hari itu, Apple meluncurkan sebuah produk yang revolusioner yang mereka
namakan iPad. Kita tidak akan membahas tentang iPad, namun kita akan
memetik 10 pelajaran dari Steve Jobs yang bisa memberikan inspirasi
untuk presentasi kita berikutnya. Simak 10 hal yang dari Steve Jobs
selama launching iPad berikut ini.
1. Bukalah presentasi dengan "success story"
Steve
Jobs tidak mengawali presentasi launching produk iPad dengan
menjelaskan produk iPad itu sendiri. Beliau mengawalinya dengan
menceritakan beberapa kisah sukses Apple dan yang paling dahsyat adalah
Apple telah menjadi perusahaan yang memperoleh pendapatan lebih dari $50
Billion dalam setahun. Darimana sumber pendapatan Apple terbesar?
Menurut Steve Jobs ada 3 sumber yaitu iPod, Macbook & iPhone. Hal
inilah yang membuat Steve Jobs mengklaim Apple sebagai perusahaan
"mobile devices" terbesar di dunia. Jadi, ada baiknya awali presentasi
launching produk anda dengan kisah sukses produk anda sebelumnya jika
ada.
2. Gunakan kutipan untuk menambah kredibilitas anda
Ada
baiknya kita menggunakan "quote" atau "kutipan" untuk menambah
kredibilitas dari pernyataan kita. Kutipan bisa berasal dari orang
terkenal misalnya Leonardo Da Vinci, Abraham Lincoln, Obama dsb, ataupun
dari lembaga yang terpercaya seperti Wall Street Jurnal yang digunakan
Steve Jobs dalam presentasi launching iPad-nya. Gunakan juga gambar
yang relevan dengan kutipan anda jika memungkinkan seperti yang
digunakan oleh Steve Jobs pada gambar diatas.
3. Ingatkan konsumen akan kebutuhan dasar mereka.
Mengapa
para penggila produk Apple selalu tertarik membeli produk baru Apple?
Karena Steve Jobs sangat ahli menghipnotis audiens dengan membuat mereka
seolah-olah membutuhkan produk Apple tersebut. Steve Jobs selalu
memulai dari kebutuhan pengguna Apple dan meyakinkan bahwa Apple bisa
menjawab semua kebutuhan itu. Pada launching iPad, Steve Jobs
menerangkan bahwa dibutuhkan produk di tengah-tengah iPhone &
Macbook yang bisa digunakan untuk browsing, email, photos, video, music,
games & ebooks. Semuanya itu adalah hal-hal yang kita lakukan
sehari-hari. Sungguh pintar sekali bagaimana Steve Jobs mengkondisikan
kebutuhan pengguna.
4. Hadirkan peran antagonis, sebelum pahlawan muncul!
Steve
Jobs sangat pintar menghadirkan peran antagonis di dalam launching
produk barunya. Pada waktu launching komputer Apple yang pertama, Steve
Jobs menggunakan IBM sebagai peran antagonis alias musuh bersama.
Steve Jobs menggunakan Netbook sebagai pemeran antagonis pada launching
iPad ini. Dimana Netbook diposisikan sebagai komputer yang lambat,
layar kualitas rendah dan menggunakan perangkat lunak dari PC.
" Netbook aren't better than anything." Demikian kata Steve Jobs
untuk menggambarkan posisi dari Netbook. Sungguh kata-kata yang cukup
menusuk, namun begitulah Steve Jobs menggambarkan peran antagonisnya.
5. Gunakan animasi yang tepat untuk memberikan efek emosional.
Setiap
slide yang digunakan oleh Steve Jobs sarat dengan makna, bahkan jika
beliau menggunakan animasi di dalam slide sekalipun. Jarang sekali
Steve Jobs menggunakan animasi yang menimbulkan distraction pada
audiens. Animasi yang digunakan oleh Steve Jobs biasanya untuk
mendapatkan efek emosional dari audiens. Contohnya animasi drop text
effect pada kata-kata Netbook yang digunakan untuk memperlihatkan
rendahnya kualitas Netbook. Sementara setelah itu datanglah iPad dengan
animasi yang sungguh meyakinkan & menunjukkan keperkasaan sebuah
iPad pada gambar di bawah ini.
6. Sentuh hati audiens dengan demonstrasi fisik.
Kepiawaian
Steve Jobs dalam presentasi ditambah dengan kemampuan demonstrasi
produk yang luar biasa. Saya masih ingat waktu launching Macbook Air,
Steve Jobs mengeluarkan Macbook Air dari dalam amplop besar untuk
menunjukkan seberapa tipisnya Macbook Air tersebut. Pada launching iPad
ini, Steve Jobs memegang iPad-nya seperti gambar diatas untuk
menunjukkan seberapa kecil, ringan & tipisnya iPad . Akibatnya wow
efek pun tercipta dimana penonton berdecak kagum dengan bentuk fisik
dari iPad. Jadi, gunakan demonstrasi fisik jika memungkinkan, apalagi
jika anda menawarkan produk yang bisa dilihat secara fisik.
7. Tunjukkan kepada audiens, pengalaman menggunakan produk.
Memang
sangat langka sekali seorang CEO yang begitu ahli mendemokan penggunaan
produknya sendiri. Steve Jobs tidak membutuhkan kepala bagian produk
atau teknis untuk mendemonstrasikan iPad. Beliau betul-betul
menunjukkan pengalaman menggunakan iPad yang begitu mudah dan
menyenangkan dengan tangannya sendiri. Tunjukkan pengalaman penggunaan
produk anda sendiri, maka audiens anda pun akan mempercayai bahwa produk
anda memang luar biasa. Tidak peduli apakah anda seorang CEO ataupun
direktur Marketing, ada baiknya anda mulai mendemonstrasikan penggunaan
produk anda sendiri, tanpa bantuan dari kepala bagian produk, dan
rasakan perubahan yang terjadi dalam launching produk anda.
8. Gunakan angka dengan cerdas untuk meyakinkan audiens.
iPad
adalah suatu produk baru, biasanya orang akan cenderung reluctant
terhadap suatu produk baru. Orang akan cenderung untuk takut
menggunakan produk baru karena takut untuk menyesuaikan diri. Steve
Jobs dengan pintar menunjukkan fakta bahwa ada lebih dari 75 juta
pengguna iPod & iPhone yang tau bagaimana menggunakan iPad karena
"user experience" yang sama. Sungguh permainan angka yang cerdas,
sehingga beliau membuat audiens tidak kuatir dengan cara penggunaan
iPad.
9. Save the price for the last.
Setelah
membuai audiens-nya dengan kehebatan iPad, barulah Steve Jobs melakukan
"Call to Action" dengan menyebutkan harga jual dari iPad. Bahkan
beliau menjelaskan bahwa Apple tidak hanya berusaha untuk menjadi
superior dalam teknologi, tapi juga membuat iPad terjangkau harganya
untuk kebanyakan orang dengan harga $499. Steve Jobs tidak pernah
menyebutkan harga produk sebelum ia menerangkan semua kelebihan
produknya.
10. Simpulkan presentasi anda dalam satu kalimat saja.
One
word means a lot. Presentasi Steve Jobs boleh panjang, tapi beliau bisa
menyimpulkan arti dari presentasinya hanya dalam satu kalimat saja.
Ini berarti pesan yang ingin disampaikan oleh Steve Jobs sangat jelas,
sehingga cuma butuh satu kalimat untuk menjelaskannya. Jadi, apakah
iPad menurut Steve Jobs dalam 1 kalimat?
"Our most advanced technology in a magical & revolutionary device at an unbelievable price."
Itulah 10 jurus yang bisa dipelajari dari Steve Jobs sewaktu
launching iPad, mudah-mudahan berguna untuk membuat presentasi kita
berikutnya yang lebih baik. Masih banyak yang bisa dipelajari dari
beliau.
Sumber: presentonomics.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar